al-Masail al-Fiqhiyyah


(Hasil Bahtsul Masail Pondok Pesantren Mursyidul Falaah Leuwilaja Sindangwangi Majalengka)

Ahad malam Senin

1 Robi’ul Awwal 1431 H / 14 Pebruari 2010 M

1.   Masalah :

Apakah sah shalat orang yang berpendapat bahwa membaca basmalah dalam fatihah itu wajib yang ma’mum kepada imam yang berpendapat bahwa membaca basmalah dalam fatihah itu tidak wajib ?

Jawaban :

Jika ma’mum yakin atau ragu-ragu bahwa imam membaca basmalah maka shalat ma’mum sah, sebagaimana keterangan kitab I’anatuth Tholibin juz 2 halaman 41.

Sedangkan jika ma’mum yakin atau menduga kuat bahwa imam tidak membaca basmalah maka shalat ma’mum tidak sah, sebagaimana keterangan kitab Kasyifatusy Syaja halaman 84.

2.   Masalah :

Bagaimana hukumnya onani / masturbasi / istimna ?

Jawaban :

Onani / masturbasi / istimna adalah sengaja mengeluarkan mani. Hukumnya haram jika dilakukan dengan tangan selain perempuan halal, yakni dengan tangan sendiri, dengan tangan laki-laki lain atau perempuan ajnabiyah atau dengan melihat atau berfikir. Adapun onani dengan tangan istri atau amat maka boleh. Demikian menurut pendapat Imam Malik, Imam Abu Hanifah dan Imam asy Syafi’i. Adapun Imam Ahmad bin Hanbal mengatakan bahwa onani itu halal dengan tiga syarat, yaitu khawatir melakukan zina, tidak memilki mahar perempuan merdeka atau harga perempuan amat dan melakukannya dengan tangan sendiri, bukan dengan tangan laki-laki lain atau perempuan ajnabiyah. Demikian keterangan kitab Marqotu Shu’udit Tashdiq halaman 77 dan kitab Tafsir ash Showi juz 3 halaman 137.

Walohu a’lam bish showab wa ilaihil marji’ wal ma’ab.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s